Pada tutorial terdahulu, anda telah
memasukkan data akuntansi manual Graha Motor, selanjutnya adalah tahap
pencatatan transaksi keuangan yang terjadi pada tahun 2007.
Jurnal Umum (General Journal) digunakan
untuk mencatat setiap transaksi yang tidak sesuai untuk dimasukkan ke
modul banking, sales, time billing, purchases dan payroll, namun anda
tetap dapat memanfaatkannnya untuk mencatat semua transaksi jika anda
tidak ingin mamanfaatkan fungsi tiap modul Command centre lainnya.
A. Mencatat Jurnal Umum.
Sebelum anda memulai mencatat jurnal trandsaksi yang terjadi, berikut beberapa kebijakan akuntansi perusahaan :
1. Perusahaan menggunakan sistem data tidak tetap (fluktuasi) untuk mengelola dana kas kecil.
2. Pengeluaran yang menggunakan kas
kecil adalah tidak lebih dari Rp 1.000.000 jika lebih artinya merupakan
pengeluaran untuk akun kas.
3. Biaya konsultan pajak dibayarkan setiap tanggal 3 dan 17 sebesar Rp 75.000.
4. Mulai tahun 2007 ini Graha Motor
menyewa gedung perkantoran, dan biaya sewa gedung sebesar Rp 3.500.000
dibayar setiap tanggal 8 januari setiap tahunnya.
5. Rekening air, listrik, dan telepon dibayarkan setiap tanggal 12 setiap bulannya.
6. Pengakuan penyusutan perlengkapan, penyusutan peralatan, dan penyusutan gedung dilakukan setiap tanggal 28 setiap bulannya.
Traksaksi Graha Motor selama periode Januari 2007 adalah sebagai berikut:
- 3 Januari, dibayar biaya konsultan pajak senilai Rp 75.000.
- 6 Januari, pembelian materai Rp 120.000.
- 8 Januari, pembayaran sewa gedung untuk tahun 2007.
- 12 januari, perusahaan membayar biaya listrik, air dan telepon masing-masing sebesar Rp 55.000, Ro 45.000 dan Rp 120.000.
- 17 Januari, dibayar biaya konsultan pajak.
- 20 Januari, pembelian perlengkapan kantor tunai Rp 300.000.
- 28 Januari nilai penyusutan adalah Rp 100.000 untuk perlengkapan, Rp 200.000 untuk peralatan, dan Rp 500.000 penyusutan gedung.
Dari contoh kasus di atas, untuk mencatatnya ke dalam Journal entry ikuti langkah berikut :
1. Buka program MYOB Accounting plus v13, buka file Graha Motor anda.
2. Dalam Jendela Command centre aktifkan modul accounts.
Mengaktifkan Modul Accounts.
3. Selanjutnya dalam modul accounts,
klik record journal entry untuk menampilkan kotak dialog Record Journal
Entry untuk menampilkan kotak dialog record journal entry. Lihat gambar
di bawah ini :
Kotak Dialog Record Journal Entry.
4. Pada kolom general Journal #, secara default myob menurunkan kode transaksi, lalu pada kolom date ketik 03/01/07.
5. Tekan tombol tab, pada kolom memo ketik biaya konsultan pajak sebagai keterangan trasaksi.
6. Tekan dua kali tombol tab, pada kotak
dialog Select from list anda ketik nomor akun 6-0040 di kolom look for
kemudian klik tombol New. Lihat gambar di bawah ini :
Menyeleksi Akun.
7. Akun tersebut akan diganti dalam
bahasa Indonesia selanjutnya tampil kota edit account. Tekan tombol tab
pada kolom account name anda ketik pembayaran akuntansi lalu klik OK.
Lihat gambar di bawah ini :
Meng-edit Nama Akun.
8. Kembali ke kotak
dialog Record Journal Entry tekan tombol tab cari nama akun pembayaran
akuntansi dari kotak select from list lalu klik use account.
9. Pada kolom debit ketik 75000 sebagai nilai transaksi, perhatikan soal 1 sebagai panduan.
10. Tekan tombol enter
untuk sampai pada kolom Acc# lalu tekan tombol tab cari nama akun kas
kecil dari kotak select from list kemudian klik use account (karena
nilai transaksi tidak lebih dari Rp 1.000.000).
11. Tekan tombol tab
otomatis MYOB akan menampilkan nilai trasaksi pada kolom Credit untuk
mengimbangi kolom Debit yaitu senilai 75000. Hasil pencatatan trasaksi
pertama dapat dilihat pada gambar di bawah ini :
Pencatatan Transaksi Pertama.
B. Menyimpan Transaksi Berulang.
Transaksi yang terus berulang pada waktu
tertentu dapat anda simpan ke dalam save recurring, sehingga jika suatu
waktu anda memerlukannya cukup memanggil jurnal tersebut tanpa harus
mencatatnya kembali.
Sebagai contoh kasus perhatikan soal 1
dimana Graha Motor akan terus membayar konsultan pajak tiap bulannya.
Untuk mencatat transaksi tersebut sebagai Recurring Journal Entry ikuti
langkah berikut :
1. Pastikan kotak dialog Record journal entry masih dalam keadaan aktif.
2. Selanjutnya klik tombol Save recurring yang akan menampilkan kotak dialog Save recurring template berikut :
Kotak Dialog Save Recurring Template.
3. Anda dapat mengatur
frekuensi perulangan pada kolom frequency dan tanggal perulangan pada
kolom Remind every. Namun untuk soal 1 (baca lagi kebijakan perusahaan )
pengaturan pada gambar “Kotak Dialog Save Recurring Template” telah
tepat yaitu setiap tanggal 3 tiap bulannya. Untuk itu klik tombol Save
template.
4. Kembali ke kotak dialog Record journal entry klik tombol Record untuk menyimpan.
5. Untuk mencatat
trasaksi nomor 2 anda ulangi langkah pencatatan jurnal transaksi
sebelumnya. Sebagai ilustrasi pengisian akhiri dengan tombol record
untuk menyimpan, lihat gambar di bawah ini :
6.
Perhatikan di bawah ini, untuk mencatat transaksi nomor 3, tambahkan
akun baru yaitu 1-1500 sewa dibayar dimuka caranya klik tombol New dari
jendela Select from list.
7. Pencatatan trasaksi yang berulang pada save recurring template. Perhatikan gambar di bawah ini :
8. Untuk mencatat trasaksi nomor 4, perhatikan gambar di bawah ini :
9. Untuk trasaksi nomor 5 tidak perlu anda catat dulu karena akan dibahas pada subsesion berikutnya.
10. Untuk mencatat transaksi nomor 6 dan 7, lihat pada gambar di bawah ini :
C. Menggunakan Transaksi Berulang.
Transaksi yang disimpan
dalam save recurring template dapat anda gunakan kembali dengan
memanfaatkan fasilitas use recurring misalkan transaksi pembayaran
konsultan pajak yang merupakan recurring template akan kita panggil pada
tanggal 17 januari sesuai dengan transaksi soal no 5. Berikut cara
menggunakan fasilitas Use recurring.
1. Pastikan kotak dialog record journal entry masih dalam keadaan aktif.
2. Selanjutnya klik use recurring yang akan menampilkan kotak dialog select a recurring transaction berikut :
Kotak Dialog Select A Recurring Transaction.
3. Perhatikan gambar di atas. Pilih dengan cara klik transaksi biaya konsultan pajak, kemudian klik tombol OK.
4. Hasilnya trasaksi
biaya konsultan pajak akan ditampilkan dalam kotak dialog record journal
entry ubah tanggal transaksi ketik 17/01/07 pada kolom date, kemudian
klik tombol record untuk menyimpan transaksi.
Menampilkan Transaksi Dengan Use Recurring.
5. Tutup kotak dialog record journal entry dengan mengklik tombol Cancel.
D. Menampilkan, Memperbaiki dan Menghapus Jurnal Umum.
1. Menampilkan Jurnal Umum
Untuk menampilkan jurnal-jurnal transaksi yang telah Anda buat sebelumnya ikuti langkah berikut:
a. Dalam modul accounts, klik
transaction journal untuk menampilkan kotak dialog transaction journal.
Lihat gambar di bawah ini :
Terdapat lima tab dalam kotak dialog ini, diantaranya:
- General, untuk menampilkan kelompok jurnal umum.
- Disbursements, untuk menampilkan kelompok jurnal pengeluaran kas.
- Receipts, untuk menampilkan kelompok jurnal pengeluaran kas.
- Sales, untuk menampilkan kelompok jurnal penjualan.
- Purchases, untuk menampilkan kelompok jurnal pembelian.
- Invntory, untuk menampilkan kelompok jurnal persediaan barang.
- All, untuk menampilkan semua jurnal.
b. Pastikan tab aktif adalah general,
kemudian tentukan tanggal transaksi pada kolom dated from ketik
01/01/07, tekan tombol tab pada kolom to ketik 31/01/07. lalu tekan tab
lagi untuk menampilkan semua transaksi jurnal umum yang terjadi di
bulan januari. Lihat gambar di bawah ini :
Menampilkan Jurnal Transaksi.
2. Memperbaiki Jurnal Umum
Apabila sewaktu anda menampilkan jurnal
transaksi maka perhatikan apakah terdapat kesalahan atau kekurangan pada
jurnal tersebut. Anda dapat perbaiki jurnal transaksi dengan cara
berikut :
a. Pastikan kotak dialog Transaction journal masih dalam keadaan aktif.
b. Kemudian klik anak panah disamping
jurnal atau dengan mengklik jurnal yang dimaksud misal pada jurnal
03/01/2007 biaya konsultan pajak.
c. Akan ditampilkan kembali kotak record
journal entry untuk jurnal tersebut, Anda tambahkan pada kolom memo
menjadi biaya konsultan pajak 1, lalu klik tombol OK. Lihat gambar di
bawah ini :
Memperbaiki Jurnal Transaksi.
3. Menghapus Jurnal Umum.
Jurnal yang bisa dihapus adalah jurnal yang masih open (tanda anak panah). Berikut langkah menghapus jurnal transaksi.
a. Pastikan kotak dialog transaction journal masih dalam keadaan aktif.
b. Kemudian klik anak panah disamping jurnal atau dengan mengklik jurnal yang dimaksud.
c. Akan ditampilkan kembali kotak record
journal entry untuk jurnal tersebut. Dari jendela MYOB accounting,
klik menu edit I delete general Journal transaction.
d. Hasilnya jurnal transaksi akan
dihapus dari kotak dialog Trasaction Journal, klik tombol close untuk
menutup kotak dialog ini.
Klik Menu Edit I delete general journal transaction.
4. Laporan Jurnal Umum.
Anda juga dapat menampilkan laporan
jurnal transaksi yang dibuat dari record journal entry dengan periode
tanggal yang terpilih. Laporan ini nantinya dapat dikirim ke program
lain misal ke Microsoft excel. Ikuti langkahnya berikut :
a. Dari jendelaCommandCenteranda klik Command panel : reports, lalu klik accounts. Lihat gambar di bawah ini :
Klik Reports I accounts.
b. Kemudian tampil
jendela Index to reports tarik scroll bar ke bawah pada bagian
Transaction journal anda pilih General journal lalu klik tombol
Customize. Lihat gambar di bawah ini :
Memilih General Journal Report.
c. Pada kotak dialog
report Customisation-general Journal, tentukan periode tanggal pada
Transaction date from ketik 01/01/07 dan to 31/01/07, kemudian klik
tombol display. Lihat gambar di bawah ini :
Menentukan Periode Transaksi.
d. Report display
ditampilkan, anda dapat langsung mencetak laporan ini, dengan mengklik
tombol print atau mengirimnya ke program lain untuk diolah, anda klik
tombol send to Excel. Lihat gambar di bawah ini :
Laporan Jurnal Umum.
e. Hasilnya laporan jurnal umum atau general jurnal akan ditampilkan dalam lembar kerja excel dengan nama file genjrl1.
f. Klik close untuk menutup jendela excel ini.
g.Apabila muncul kotak
konfirmasi yang menanyakan apakah anda ingin menyimpan data ini klik
Yes. Lihat pada gambar di bawah ini :
Laporan Jurnal Umum Pada Microsoft Excel.
h. Kotak dialog save as
ditampilkan, tentukan lokasi penyimapanan pada kolom Save in, dan dalam
kolom file name ketik nama laporan jurnal umum. Terakhir klik Save.
Lihat gambar di bawah ini :
Kotak Dialog Save As.
i. Aktifkan jendela Myob accounting anda, klik close untuk menutup jendela report display ini.
j. Setelah anda menjalankan langkah sembilan, anda akan dibawa kembali pada kotak dialog Index to reports.
k. Dalam kotak name pada
bagian accounts pilih general ledger (detail), kemudian langsung klik
tombol display, karena pengaturan periode sebelumnya masih berlaku, jika
anda tidak menutup kotak dialog Index to reports.
Memilih General Ledger (detail) Report.
l. Hasilnya semua
transaksi akan ditampilkan dalam jendela report display, tampilan akan
tersusun sesuai dngan urutan kode dari nama akun dengan periofde yang
telah ditentukan.
m. Klik close untuk menutup jendela report display.
n. Terakhir klik close untuk menutup kotak dialog Index to reports. Lihat gambar di bawah ini :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar